5 Cara Mengatasi Kecanduan Social Media

5 Cara Mengatasi Kecanduan Social Media

5 Cara Mengatasi Kecanduan Social Media

Bermain social media memang menyenangkan. Tidak jarang dan tanpa sadar, Anda kecanduan media sosial. Padahal hal tersebut bisa memberikan dampak negatif yang buruk bagi Anda.

Bagaimana untuk mengatasinya? Bagaimana jika sudah kecanduan?

Untuk mengatasinya, Anda perlu melakukan hal berikut:

  • Membatasi Penggunaan Social Media

Mau tidak mau, jika Anda sudah kecanduan atau tidak ingin kecanduan, maka Anda perlu membatasi penggunaan medsos.

Buat batasan yang harus Anda patuhi. Misalnya hanya boleh untuk bermain medsos maksimal 2 jam per harinya. Jika Anda melebihi jam yang sudah Anda terapkan, maka Anda perlu melakukan sesuatu agar Anda tidak melakukannya lagi.

“Susah dong!”

Memang. Maka dari itu, Anda perlu disiplin agar tidak kecanduan bermain media sosial.

  • Uninstal Media Sosial

Jika Anda memang tidak bisa menggunakan media sosial kurang dari 3 jam, maka uninstall media sosial.

“Bukankah masih ada browser?”

Memang. Namun, dengan meng-uninstal, kesempatan Anda untuk bermain media sosial lebih berkurang. Dengan begitu, Anda bisa mengurangi kesempatan untuk bermain media sosial.

(baca: jasa social media management)

  • Fokus pada Kehidupan Nyata

Masih banyak orang yang menganggap bahwa apa yang ada di dunia maya itu sama dengan di dunia nyata. Padahal, keduanya bisa berbeda jauh.

Maka dari itu, Anda perlu membuat daftar kegiatan apa saja yang akan Anda lakukan di kehidupan nyata. Misalnya Anda akan mebuat lukisan. Dengan begitu, fokus Anda ada di kegiatan dan tidak di dunia maya.

  • Fokus pada Orang di Sekeliling Anda

Terkadang, orang yang kecanduan media sosial cenderung terlalu fokus pada apa yang ada di dunia maya. Padahal, ada banyak hal di sekelilingnya yang bisa dijadikan fokus utama.

5 Cara Mengatasi Kecanduan Social Media
5 Cara Mengatasi Kecanduan Social Media

Maka dari itu, Anda perlu memperhatikan apa yang ada di sekeliling Anda. Anda bisa mulai dengan memulai percakapan dengan orang yang ada di sekitar Anda.

Memang tidak mudah, tapi dengan begitu Anda bisa lebih mengurangi intensitas bermain media sosial.

  • Matikan Notifikasi

Apa yang membuat orang langsung bermain media sosial padahal dirinya sedang sibuk? Yups, notifikasi.

Tidak sedikit orang yang memasang notifikasi pada media sosialnya untuk tahu pemberitahuan terbaru. Entah dari tokoh yang difollow, misalnya idol, reply, retweet, like hingga berita terpopuler saat ini.

Notifikasi tersebut tidak justru menghambat pekerjaan Anda dan membuat Anda lebih fokus pada media sosial dibandingkan pekerjaan.

Hal ini akan merugikan Anda. Apalagi ketika Anda sedang dikejar deadline.

Maka dari itu, untuk mengurangi kecanduan media sosial, akan lebih baik jika Anda mematikan notifikasi. Dengan begitu, Anda tidak akan terganggu dan mengurangi keinginan untuk bermain media sosial.

Itulah beberapa cara untuk mengurangi kecanduan social media yang bisa Anda coba. Anda akan merasa sulit pada awalnya, tapi, Anda perlu sikap disiplin agar kecanduan medsos bisa diatasi dan dikurangi.