5 Pilihan Kombinasi Warna untuk Desain Website Sederhana

5 Pilihan Kombinasi Warna untuk Desain Website Sederhana

5 Pilihan Kombinasi Warna untuk Desain Website Sederhana

Siapa bilang jika desain website sederhana hanya ditentukan berdasarkan komposisi gambar dan tulisan saja? Ternyata, pemilihan dan penggunaan warna memberikan efek yang besar untuk menentukan tampilan dari website.

Sayangnya, tidak semua orang paham mengenai penggunaan dan kesan dari warna yang dipilih. Apalagi jika warna yang digunakan adalah warna kombinasi.

Lantas, berapa persen rasio kombinasi warna yang efektif? Setidaknya, Anda menggunakan 60-30-10 untuk warna primer, sekunder dan tersier.

Jika Anda bingung, Anda bisa meminta bantuan https://www.sribu.com/id/simple-web-design atau coba pahami konsep berikut.

  • Fun dan Profesional
5 Pilihan Kombinasi Warna untuk Desain Website Sederhana
5 Pilihan Kombinasi Warna untuk Desain Website Sederhana

Kesan fun tetapi tetap professional bisa diciptakan dengan warna yang kesannya warm. Anda bisa mengkombinasikan antara warna orange, tosca, gold dan abu-abu.

Warna gold dan orange atau vermilion memberikan kesan yang ceria. Maka dari itu kesan fun terlihat jelas di website dengan kombinasi warna ini.

Penggunaan konsep fun and professional cocok untuk Anda yang memiliki website yang berkaitan dengan anak-anak. Bisa juga untuk perusahaan yang memang memiliki konsep fun and professional.

  • Art History

Untuk penggunaan warna seperti  website Museum Van Gogh, Anda bisa mengkombinasikan 2 warna primer dan warna sekunder. Tentunya dalam penggunaan warna primer ini, Anda harus mempertimbangkan mana yang lebih dominan.

Mengapa? Tujuannya agar visitor bisa fokus di satu titik. Jika penggunaan 2 warna primer sebanding, akan memberikan kesan yang bertabrakan dan kurang menarik.

Untuk warna sekunder, Anda bisa memilih warna turunan dari salah satu atau kedua warna primer yang Anda gunakan. Misalnya warna hijau yang diperoleh dari gabungan warna kuning dan biru.

Bagaimana dengan tulisannya? Anda bisa menggunakan warna netral seperti warna hitam, warna putih atau warna abu-abu terang.

  • Warna Mute

Pemilihan warna mute ini bisa berarti less bright more subdued. Pemilihan warna ini cocok untuk Anda yang suka dengan warna pastel dan memiliki kesan hangat.

Pilihan warnanya bisa berupa coklat pastel, abu muda, charcoal atau warna lainnya. Sebagai catatan, untuk warna mute ini, hindari penggunaan warna yang terlalu cerah. Misalnya merah, kuning, hijau, orangye terang.

  • Minimalis

Desain website sederhana dengan warna minimalis cocok untuk Anda yang tidak ingin neko-neko dalam pemilihan warna. Anda bisa menggunakan warna netral seperti hitam-putih, bisa juga menggabungkan warna mute dan hasil saturasi.

Jadi, jika mute memiliki kesan warm, maka warna minimalis bsa memberikan kesan lainnya. Misalnya segar dengan pastel warna hijau, kalem dengan pastel warna kuning.

  • Neon Tones

Warna neon tones cocok untuk website yang futuristic terutama untuk fashion dan arts. Untuk website ini, Anda bisa menggabungkan warna kontras tapi tetap berkaitan. Misalnya menggunakan warna ungu dan pink.

Jangan lupa untuk menggunakan warna netral seperti hitam agar tampilannya lebih menarik.

Dengan pilihan 5 kombinasi warna tersebut, desain website sederhana akan terlihat lebih menarik.