Apa Itu Influencer Media Sosial untuk Bisnis?

Apa Itu Influencer Media Sosial untuk Bisnis?

Apa Itu Influencer Media Sosial untuk Bisnis?

Dewasa ini, penggunaan influencer terutama untuk bisnis semakin marak. Namun, apakah Anda tahu, apa itu influencer media sosial?

Pengertian Influencer Media Sosial

Influencer merupakan orang yang dapat memberikan pengaruh ke orang lain terutama masyarakat. Medianya bisa bermacam-macam, mulai dari media sosial hingga komunitas.

Jadi, apa itu influencer media sosial adalah orang yang berpengaruh dan menggunakan media sosial sebagai platformnya.

Apa setiap orang bisa menjadi influencer? Bisa saja, asalkan orang tersebut dapat memberikan pengaruh baik pada orang lain.

Seorang influencer biasanya memiliki jumlah pengikut atau followers yang sangat banyak. bahkan, jumlahnya bisa mencapai ribuan.

Jenis Influencer yang Perlu Diketahui

Pada dasarnya, influencer adalah orang yang berpengaruh. Tidak peduli seberapa banyak followers, jika orang tersebut berpengaruh maka disebut sebagai influencer.

Namun, influencer terbagi menjadi beberapa jenis followers. Ada yang menyebutkan 3 ada yang membagi menjadi 4 jenis seperti berikut:

  • Mega Influncer

Jenis influencer ini memiliki followers lebih dari 1 jutaan. Umumnya, orang yang termasuk mega influencer adalah public figure seperti artis.

Dalam bisnis, mega influencer biasanya diajak bekerja sama untuk menambah awareness atau meningkatkan penjualan.

  • Macro Influencer

Jenis macro influencer memiliki pengikut sekitar 100 ribu hingga 1 juta. Umumnya, influencer ini terkenal karena internet. Entah dari konten yang menarik, lucu hingga inspiratif.

  • Micro Influencer

Micro influencer adalah influencer yang memiliki pengikut sekitar 10 ribu hingga 100 ribu.

Jika dibandingkan, followers antara micro dan macro cukup jauh. Namun, saat ini micro influencer semakin dipertimbangkan untuk keperluan bisnis karena memiliki engagement yang lebih tinggi.

  • Nano Influencer

Nano Influencer memiliki pengikut kurang dari 10 ribu. Umumnya, influencer ini punya pengaruh kuat di komunitas tertentu. Jadi, jenis influencer ini cocok untuk menciptakan hubungan yang akrab dan kuat.

(baca juga: desain website)

Memilih Influencer untuk Bisnis

Banyaknya jenis influencer sosial media membuat Anda harus pandai dalam memilih influencer. Anda perlu menyesuaikan antara influencer dan tujuan marketing bisnis Anda.

Bagaimana caranya? Simak tipsnya berikut ini:

  • Cek Jumlah Followersnya

Kenapa? Karena jumlah followers menentukan jenis influencer. Semakin sedikit followersnya, maka akan semakin tinggi engagement.

Namun, Anda juga harus memperhatikan antara komentar, followers dan like. Jika dirasa tidak seimbang, misalnya followersnya 10 ribu tapi like hanya 10, maka Anda perlu curiga. Bisa jadi, followers tersebut adalah followers bot atau beli.

Maka dari itu, pilih influencer dengan followers nyata agar hasilnya maksimal.

  • Spesifik dan Relevan

Pilih influencer yang relevan dengan bisnis Anda. Misalnya target anak muda, maka pilih influencer yang bisa mempengaruhi anak muda.

  • Reputasi dan Engagement

Cek bagaimana reputasi dari influencer tersebut. Apakah baik atau buruk?

Kenapa? Karena reputasi influencer akan berpengaruh pada reputasi bisnis Anda.

Selain itu, Anda perlu mengecek bagaimana engagement influencer. Apakah baik atau tidak agar tujuan bisnis Anda tercapai.

Itulah pengertian tentang apa itu influencer media sosial yang perlu Anda tahu. Pastikan Anda teliti dalam memilih influencer dan jasa influcnernya agar strategi marketing berjalan dengan baik.