Cara Membuat Logo di Word untuk Emblem Surat

Cara membuat logo di word

Cara membuat logo di Word sangat banyak dibutuhkan untuk kegiatan surat-menyurat. Terutama untuk pebisnis kecil yang memerlukan logo tetapi belum mampu menggunakan software desain profesional. Misalnya untuk mengajukan proposal atau surat penawaran, tentu dibutuhkan logo untuk memperkuat kredibilitas.

Selain fungsi utamanya sebagai aplikasi untuk membuat dan mengolah dokumen berbasis teks, Microsoft Word ternyata juga bisa dipakai untuk mendesain logo. Langkah-langkahnya juga sangat mudah untuk dipraktikkan. Kami sarankan untuk mempelajari tentang dasar-dasar desain logo di jasa desain logo murah. Kemudian, buat logo Anda sendiri dengan langkah-langkah praktis di bawah ini :

 

Cara Membuat Logo di Word

 

  • Siapkan Lembar Kerja

Cara membuat logo di Word dimulai dengan persiapan lembar kerja. Pertama, buka aplikasi Microsoft Word, Anda akan langsung disuguhi lembar kerja kosong yang biasa Anda gunakan untuk membuat dokumen. Ukuran kertas tidaklah terlalu penting. Sesuaikan saja dengan format dokumen yang biasa Anda pakai.

Untuk mempermudah proses pembuatan logo, aktifkan gridlines melalui menu View – Gridlines. Lembar kerja Anda akan dttampilkan dalam bentuk kotak-kotak di bagian dalamnya. Ini akan memudahkan Anda dalam mengatur dan menyusun setiap bagian logo agar tampak simetris dan presisi. Gridlines juga berfungsi untuk mempermudah pengukuran logo dan jarak antar elemen.

 

  • Gunakan Menu Shape

Setelah persiapan lembar kerja selesai, lanjutkan cara membuat logo di Word dengan menambahkan bentuk-bentuk geometris. Fitur ini bisa diakses melalui menu Insert – Shape. Di dalamnya, Anda akan disuguhi berbagai macam bidang datar yang bisa Anda masukkan ke dalam desain logo. Coba Anda perhatikan, logo-logo populer pun mengandalkan bentuk-bentuk geometris sebagai unsur utama.

Setelah menemukan shape yang cocok, gambar shape tersebut ke lembar kerja Anda. Atur ukuran dan penempatannya, kemudian tambahkan shape-shape lain hingga membentuk logo yang utuh. Anda bisa mengombinasikan lingkaran, persegi, segitiga, garis lurus, garis lengkung, dan bentuk-bentuk lain untuk menghasilkan logo yang menarik.

 

  • Tambahkan Teks dan Warna

Setelah menambahkan bentuk-bentuk dasar, cara membuat logo di word dilanjutkan dengan penambahan teks. Gunakan fitur Text Box agar teks Anda lebih mudah diatur penempatannya. Letakkan teks di dalam atau di luar Shape, tergantung konsep logo yang Anda rencanakan. Pilih font yang paling cocok dan atur ukurannya.

Terakhir, tambahkan warna ke desain logo Anda. Untuk dokumen yang dicetak hitam-putih, lebih baik menggunakan logo monokrom agar tidak terlalu sulit mengatur warna. Tapi jika Anda ingin menggunakan logo berwarna, langkahnya pun tidak sulit. Cukup klik shape atau teks yang ingin Anda warnai, kemudian ubah warnanya melalui fitur Color di bagian Toolbar.

 

Cara Membuat Logo di Word untuk Header Dokumen

Setelah logo Anda selesai dibuat, Anda bisa menambahkannya ke dalam dokumen dan mengatur ukurannya agar sesuai dengan ruang yang tersedia. Buat dokumen Anda layaknya surat resmi dengan logo berkualitas di bagian header. Ini akan memperbesar peluang Anda untuk mendapatkan persetujuan di berbagai surat penawaran yang Anda ajukan kepada klien. Dengan mengikuti cara membuat logo di word, Anda bisa meningkatkan kredibilitas tanpa harus mengeluarkan banyak waktu dan biaya.