Pengertian Desain Interior Industrial

Pengertian Desain Interior Industrial

Pengertian Desain Interior Industrial

Perkembangan dunia interior semakin maju hingga banyak jenis konsep interior yang muncul. Salah satunya adalah industrial atau industrialis. Pengertian desain interior industrial pada dasarnya adalah konsep tata ruang yang mengekspos.

Mengekspos apa? Elemen yang digunakan di interior tersebut. Misalnya dengan membiarkan pipa terekspos atau dinding bata yang dibiarkan terekspos.

Interior industrial sebenarnya ada dari hasil konversi bangunan tua seperti pabrik atau lumbung tua yang diubah menjadi tempat tinggal. Konsep ini bisa dibilang memperlihatkan teknik dan kecerdikan dalam pengelolaan bangunan.

Diaplikasikan di Café

Jika membicarakan pengertian desain interior industrial atau segala yang berbau industrial, maka interior café kerap dikaitkan. Mengapa? Karena sebelum banyak digunakan untuk hunian, industrial banyak diaplikasikan di café seperti café kopi.

Penggunaan bahan metal dan warna besi membuat interior industrial memberikan kesan yang maskulin dan modern. Kesan sederhana juga terlihat mengingat bagian rumah seperti dinding bata yang dibiarkan tidak dilapisi dan penggunaan furniture sederhana.

Ciri Konsep Industrial

Pengertian Desain Interior Industrial
Pengertian Desain Interior Industrial

Untuk mengenal lebih jauh mengenai konsep industrial, simak beberapa cirinya berikut ini:

  • Dominasi Warna Gelap dan Netral

Seperti di desain poster yang dibuat dengan menonjolkan salah satu bagian sesuai dengan tema atau konsep, industrial juga punya warna dominan. Interior industrial memiliki warna dominan gelap dan netral.

Warna abu-abu dan hitam adalah warna yang paling banyak digunakan. Warna tersebut biasanya dikombinasikan dengan warna netral seperti putih dan coklat. Warna coklat ini bisa diperoleh dari cat, warna alami batu bata atau logam kuningan yang digunakan.

 

  • Unfinished Wall

 

Jika dilihat, banyak interior industrial yang membiarkan dinding batanya terekspos seperti tidak diselesaikan. Unfinished wall ini menjadi salah satu ciri dari interior industrial yang dianggap menarik.

Beberapa diantaranya bahkan membiarkan permukaan batu bata dan semen yang bertekstur karena memberikan kesan unik. Namun, beberapa mengecat bagian semen sehingga motif dan dinding bata menjadi lebih menonjol.

Ada juga unfinished wall yang tidak berupa batu bata melainkan lapisan semen yang dibiarkan tidak merata. Bagi sebagian orang, dinding ini dianggap artistic sehingga dibiarkan saja dan dikombinasikan dengan penataan ruang ala industrial.

  • Lantai Kayu atau Beton

Konsep industrial biasanya menggunakan lantai kayu atau beton dibandingkan keramik.  Namun, sebelum mengaplikasikan kayu atau beton, perhatikan keamanan dan juga materialnya. Dengan begitu, lantai tidak akan mudah rusak.

  • Langit-langit Tinggi dan Berkerangka

Interior industrial membiarkan langit-langit dibiarkan terekspos. Langit-langit rumah juga cenderung lebih tinggi. Dengan begitu, bagian dalam rumah tidak memberikan kesan yang sumpek.

Jadi, pengertian desain interior industrial adalah konsep interior yang mengekspos material atau kerangka yang digunakan seperti dinding bata. Beberapa cirinya adalah penggunaan unfinished wall, lantai kayu atau beton, warna dominasi gelap dan netral, penggunaan metal dan langit-langit tinggi.